Rabu, 09 Juli 2014

Tips dan Trik MENGELOLA PERUSAHAAN & ORGANISASI DENGAN PSIKOLOGI


Tiga ahli psikologi menumpahkan pemikiran mereka dalam sebuah buku! Bayangkan betapa banyak hal menarik yang akan ditemui dalam buku ini. Ketiga ahli tersebut adalah Dr. Mortimer R. Feinberg, Dr. Robert Tanofsky, dan John J. Tarrant yang tidak diragukan lagi pengalamannya dalam bidang psikologi.
Dr. Mortimer R. Feinberg, adalah Guru Besar dan Kepala Departemen Psikologi, Brauch College, Universitas New York. Beliau adalah presiden dan salah satu pendiri Persatuan Psikologi di A.S. Kemudian Dr. Robert Tanofsky adalah asisten Guru Besar dari Departemen Psikologi, City University of New York, dan wakil Presiden Persatuan Psikologi BFS yang artikel-artikelnya terdapat dalam banyak majalah bisnis dan majalah profesi yang luas lingkupnya. Serta terakhir, John J. Tarrant, seorang konsultan dan penulis yang banyak menulis aspek hubungan manusiawi dari manajemen. Beliau telah menulis tujuh buah buku.
Buku “Psikologi Manajemen” ini berbicara mengenai penerapan psikologi modern dalam mengelola organisasi maupun perusahaan. Berbagai tips dan trik untuk menjadi seorang manajer yang handal dibahas dengan sangat baik.  Beberapa tips yang diberikan tersebut adalah cara menjadi seorang manajer yang diikuti bawahan, cara memantapkan program, cara membuat pekerja tertarik, cara membuat pekerja produktif, dan masih banyak lagi. Keseluruhan tips dan trik tersebut diberikan melalui pandangan psikologi modern dan dibahas berdasarkan pengelompokan yang masalah yang telah ditentukan penulis.
Di sela-sela tips dan trik tersebut, dijelaskan pula beberapa gagasan penting dalam psikologi modern, seperti hasil penelitian bahwa memberikan tujuan yang tinggi (jauh dari kemampuan) justru akan meningkatkan produktivitas pekerja dibandingkan jika kita memberikan tujuan yang realistis. Hal ini cukup berkebalikan dari pandangan kebanyakan orang yang takut untuk menetapkan tujuan tinggi karena beresiko mematahkan motivasi. Selain itu, ada juga pandangan menarik mengenai kepemimpinan. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa tidak ada karakter yang baku pada seorang pemimpin, yang ada adalah karakter apa yang dipilih dalam situasi tertentu. Lebih jauh lagi, dalam buku ini juga dijelaskan keutamaan pengambilan keputusan dengan firasat atau naluri.
Ketiga ahli psikologi ini mampu menjelaskan hasil penelitian mereka dengan baik serta mampu meyakinkan pembaca dengan memberikan contoh nyata di lapangan. Selain itu, gagasan-gagasan penting dalam buku dicetak tebal agar pembaca memberikan perhatian lebih. Namun dibalik kelebihan tersebut, terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan dalam buku ini dapat dilihat dari susunan bab yang kurang sistematis (seperti loncat-loncat). Selain itu, dikarenakan buku lama, kertas yang digunakan serta jenis tulisan, kurang cocok untuk mayoritas orang (cepat membuat bosan). Lebih jauh lagi, buku ini memberikan contoh-contoh penerapan psikologi modern untuk para praktisi di perusahaan, sehingga ada beberapa bagian yang kurang penting untuk praktisi organisasi sosial.
Menurut pandangan saya, meskipun buku ini merupakan buku terbitan lama (tahun 1991), namun pemikiran yang dituangkan masih sangat relevan dengan kondisi manusia pada zaman ini. Informasi dalam buku ini juga tidak kalah banyak dengan buku-buku manajemen terbitan baru. Oleh karena itu, sangat saya sarankan untuk membaca buku ini. Untuk anda yang berminat membeli, sepertinya  agak sulit untuk menemukan di toko buku seperti Gramedia, Toga Mas, dll (saya juga belum melakukan pencarian di toko-toko buku). Namun buku ini sepertinya banyak terdapat di perpustakaan kampus maupun perpustakaan yang terdapat di daerah masing-masing. Selamat mencari!!!sekarsudibyo.blogspot.com

http://mahdikarim.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar